Monday, October 19, 2015

Manfaat sayuran untuk kesehatan



Terkadang kita mengkonsumsi sayuran tanpa tau manfaat spesifik dari sayuran tersebut. Ya sebatas sayuran mengandung banyak vitamin dan sangat diperlukan ole tubuh. Itu saja.

So, simak yuk tulisan dibawah ini semoga dapat memberikan pencerahan atas manfaat spesifik dari sayuran yang kita konsumsi.  Cekidot

Manfaat spesifik sayuran untuk kesehatan


Taoge:
Taoge sangat baik untuk kesehatan. Sayuran kaya kandungan Vitamin C, Vitamin E serta banyak mineral lainnya sebaiknya sesering mungkin dimasukkan dalam menu makanan anda. Enzim yang dikandung taoge berguna untuk peningkatan vitalitas dan kesehatan. Manfat lain dari taoge ini adalah untuk menbantu menghilangkan  kejang perut, rambut rontok. Taoge baik untuk menu diet karena mengandung banyak vitamin dan mineral serta berkalori tinggi. Dan oooow kandungan Vitamin E pada taoge bikin tubuh awet muda loh.

Pare/Paria
Rasa pahit yang terkandung pada tanaman ini yang bikin enak. Asalkan kita pinter mengolahnya pasti enak deh. Pare ini berkhasiat untuk menguatkan jantung. Menjaga kesehatan mata. Selain itu juga fakta menyatakan bahwa mengkonsumsi pare memberikan efek menenangkan. Pare juga banyak mengandung Vitamin C.

Cabe
Rasa pedas pada cabe sangat berguna jika kita terserang flu dan pilek. Cabe juga mengandung antiseptik alami dan sangat baik untuk meringankan encok. Selain rasa pedas/panas yang keluar dari cabe yang dapat melezatkan masakan, cabe juga sarat vitamin A, vitamin C dan Kalium. Yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi cabe adalah jangan mengkonsumsi banyak banyak. Karena jika kebanyakan dapat menyebabkan perut menjadi mules.

Brokoli, sawi putih, sawi hijau dan bunga kol
Zat aktif yang dimiliki oleh sayuran ini pada prinsipnya sama. Berkhasiat untuk menyembuhkan luka baik luka dalam maupun luka luar, memperkuat daya tahan tubuh. Makanan berserta tinggi ini juga rendah kalori, jadi sangat baik dikonsumsi jika anda sedang melakukan diet. Cara masaknya yang terbaik adalah dengan mengukus atau dimasak cah/tumis. Memasaknya juga hanya beberapa menit saja. Jika anda ingin menyajikannya dengan direbus, sebaiknya direbus seadanya, karena sebeulnya jika direbus khasiatnya kana hilang.

Daun ketumbar
Sayuran yang penampilannya mirip seledri atau peterseli ini berkhasiat menyembuhkan sakit perut dan merangsang kerja jantung. Bercita rasa manis dengan aroma seperti wangi kulit jeruk. Daun ketumbar maupun bijinya juga baik dibuat teh.

Bayam
Bayam mengandung banyak vitamin C, asam amino serta kaya akan serat. Sayuran ini sangat baik untuk kesehatan karena dapat memberikan energi.. *Ingat cerita Popeye the Sailor J*  Bayam juga baik untuk melancarkan peredaran darah dan menguatkan jaringan tubuh. Sayuran ini dapat dimakan mentah ataupun diolah menjadi aneka hidangan.

Jamur
Dapat menurunkan kolesterol lebih cepat dibanding obat obatan  ataupun sayuran berkhasiat lainnya

Zucchini
Banyak dijual di pasar swalayan, sayuran mirip ketimun ini berkhasiat menurunkan panas dan baik untuk pencernaan Juga konon dapat membuat kulit menjadivhalus dan lembut

Daun Krisan,
Sayuran ini dapat melancarkan air seni, karenanya sangat menolong untuk mengurangi kelebihan cairan oleh mereka yang mempunyai berat tubuh berlebihan

Daun Bawang
Berguna untuk melindungi jantung dan pembuluh darah dari penimbunan kolesterol. Daun bawang mengandung antiseptik dan merangsang kelenjar dalam tubuh agara tetap aktif.

Jahe
Banyak sekali manfaat jahe ini, diantaranya sebagai antiseptik alami. Mutu antibiotik yang ada ada pada jahe amat kuat untuk melawan kuman penyakit. Rasa panas yang timbul dari jahe juga baik untuk tenggorokan. Jahe yang diseduh dengan teh/ air panas sangat baik untuk melawan hawa dingin. Sebagai penambah rasa, jahe juga amat diperlukan terutama pada masakan dari ikan ataupun daging dan sayu sayuran lainnya.

Kunyit
Kunyit yang menjadi salah satu komponen utaman jejamuan tradisional Indonesia memiliki sangat banyak manfaat diantaranya adalah sebagai obat batuk, penurun panas dan demam, obat sakit maag, penghilang bau badan dan masih banyak lagi. Selain itu juga dalam komponen bumbu, kunyit bermanfaat untuk penghilang bau amis terutama pada ikan

Bawang Merah
Bawang merah sangat bermanfaat sebagai pencegah kanker, penurun panas, mengatasi perut kembung pada anak, meredakan batuk dan lain sebagainya

Talas
Kaya akan karbohidrat kompleks dan banyak mengandung serat. Talas memiliki getah yang dapat menyembuhkan sakit perut. Dalam keadaan darurat, talas ini dapat juga menjadi makanan pokok pengganti nasi karena dapat memberikan rasa kenyang

Selada air
Dulunya sayuran ini diimpor orang Eropa dari Cina. Sayuran beraroma segar ini berguna untuk menambah energi tubuh serta memberikan ketenangan, membantu menghilangkan rasa cemas yang berlebihan. Jika dikonsumsi secara teratur, selada air ini mampu menyeimbangkan hormon sehingga dapat membuat awet muda.

Lobak
Lobak parut dapat dijadikan bahan kompresan untuk demam. Jika dikonsumsi berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan serta menambah kekuatan saat kondisi kesehatan menurun. Daunnya juga enak ditumis bersama sayuran lainnya dan dikasi bumbu kecap.

Kemiri
Banyak manfaat kemiri untuk kesehatan, tetapi yang sangat khas dari kemiri ini adalah berkaitan dengan rambut. Minyak kemiri dapat berguna untuk menebalkan rambut, mengatasi kerontokan, mengatasi rambut kering dan lain sebagainya



---------------- Semoga artikel ini dapat bermanfaat ----------------------

Sumber data: dari berbagai artikel kesehatan


Simak juga artikel lainnya



No comments:

Post a Comment

Mohon tidak meninggalkan komentar yang mengandung sara, politik dan sex